Artikel Tutorial Manajemen Keuangan

Hay teman teman .............
Gimana sobat kabar nya kalian semua selama di rumah saja ?
Semoga baik2 saja ya, amin.
Perkenalkan nama saya Theresia Shintia Permata, usiaku sekarang 20 tahun aku semester 4 di universitas esa unggul dan saya angkatan 2018 fakultas ekonomi dan bisnis jurusan manajemen. temen - temen Diblog saya kali ini saya ingin berbagi pengetahuan membahas tentang tutorial "tentang definisi manajemen keuangan dan penggunaan dana"


Kali ini saya akan mengajarkan tentang pengertian Manajemen Keuangan terlebih dahulu teman teman.
Cerita tentang masalah manajemen keuangan: 
Apa ituManajemen Keuangan itu?
Manajemen Keuangan adalah segala aktivitas perusahaaan berhubungan banget dengan gimana cara memperolehin pendanaan kerja, menggunakan dana, dan jua ngelola ragam aset untuknggapei tujuan usaha-nya. Jadi, lur kudu bisa melaku-in seperti itu agar si perusahaan bisa nggapei tujuan usaha-nya. Dan itu gak boleh ada yang luput untuk dillaku-in.

Tujuan Manajemen Keuangan, tuh banyak banget, sobat.  Antara lain:
>>>>Maksimalin nilai yang dipunyain oleh sebuah perusahaan ataumberi-in nilai tambah terhadap aset yang dipunya-in oleh pemegang saham. Jadi, sobat bisa maksimal-in dan profit-in perusahaan tersebut dalam jangka panjang.
>>>> jaga arus kas perusahaan. Jadi, sobat bakalan jaga arus kas perusahaan, supaya perusahaan itu bisa memenuh-in apa yang harus dilaku-in untuk perusahaan tersebut. Yaitu: bayar sewa, beli bahan baku buat perusahaan, ampe transaksi lainnya yang gak terduga. Bilalur gak bisa ngelakuin hal itu, perusahaan bakalan bisa over budget yang tentunya rugi-in perusahaan!
>>>> Persiapin struktur modal. Jadi, sobat kudu seimbang-in pembiayaan yang dipunya dengan dana yang dipinjam ke perusahaan. Agar gakterjadi berat sebelah antara biaya yang dipunya-in oleh perusahaan dengan dana yang dipinjam ke perusahaan buat profit usaha tesebut.
>>>> Maksimalin manfaat keuangan perusahaaan. sobat bisa alokasi-insemua rupa anggaran dana untuk hal yang dapat menguntung-inperusahaan. Namun, anggaran dana yang gak menguntungin perusahaan, sobat bisa potong lantaran dianggep gak menguntungkan perusahaan. Jadi, yang menguntungkan perusahaan: dipake yang nggak menguntungin perusahaan: gak usah dipake.
Jadi, sobat yang mau kerja di bagian keuangan perusahaan kalian hatus tau bisa ngelolain dana perusahaan dan jua ngelolain ragam aset perusahaan, dan lainnya itu agar usaha itu bisa nggap semua tujuan perusahaan, memenuhin semua kebutuhan perusahaan. Itu perlu dilakuin dengan teliti, agar perusahaan gak galamin selisih keuangan perusahaan.

Kemudian saya akan ajarin sobat semua untuk bisa memahamin masalah Sumber Dana perusahaan.
Jadi, Sumber Dana itu merupakan sesuatu yang bertujuan agar perusahaan bisa beraktivitas dengan normal, untuk melaku-inekspansi, agar usaha bisa bertahan hidup, serta agar perusahaan bisa lunasin utang apapun. Semua Sumber Dana itu, bisa dapat dari laba/pendapatan penghasilan dulu.
Kalau gak adalaba/pendapatan, yah nggak bisa ngelakuin itu semua deh teman teman .
Berdasarkan dari perolehan dana, Sumber Dana bisa dibagi jadi 3 (tiga) kelompok:
(1.) Sumber Dana jangka pendek,
(2.) Sumber Dana jangka menengah, dan
(3.) Sumber Dana jangka panjang.
saya akan jelas-in 3 (tiga) kelompok itu tadi.
>>>> Sumber Dana Jangka Pendek
Merupakan pendanaan yang harus dilunasin pada waktu yang cepat dalam tempo satu tahun atau kurang untuk memenuhi kegiatan operasional rutin perusahaan. Biasanya dipake untuk modal kerja perusahaan. Nah Dana ini kudu dibayar /dikembalikan dalam rentang waktu 1 tahun buku akuntansi atau kurang dari-nya. Gak bisa dilama-lamain ya sobat. Maksudnya, gak bisa ditunda lebih dari 1 tahun masa buku akuntansi sebuah perusahaan. Contohnya: pinjaman dari bank jangka pendek. Jadi, Sumber Dana jangka pendek, tuh, sumber dana yang paling singkat dilunasi-in ketimbang Sumber Dana jangka menengah dan Sumber Dana jangka pendek.
>>>> Sumber Dana Jangka Menengah
Merupakan sumber pendanaan perusahaan yang pengembaliannya, tuh, berjangka waktu 1 hingga 5 tahun. Sumber Dana jangka menengah, bisa diambil oleh manajemen keuangan perusahaan. Itu disebab-in adanya kebutuhan yang gak bisa dipenuh-in bilangguna-in instrumen sumber dana jangka pendek. Contohnya:leasing, term loan, dan equipment loan. Jadi, Sumber Dana jangka menengah, tuh, sumber dana yang gak terlalu singkat, dan jua gakterlalu panjang, untuk dilunas-in.
>>>> Sumber Dana Jangka Panjang
Merupakan sumber pendanaan perusahaan yang dapat memenuh-in kebutuhan perusahaan yang pengembaliannya dalam jangka waktu yang lama, dan manfaat yang dirasa lama/panjang. Biasanya, lamanya nyampe 10 tahun buku akuntansi. Sumber Dana jangka panjang, biasanya diperlu-in oleh perusahaan karena laba ditahan peruahaan nggak cukup untuk memenuh-in kebutuhan pendanaan perusahaan.
Berdasarkan dari asal-nya, sumber dana terbagi menjadi 2 (dua) asal:
(1.) Sumber Internal Perusahaan, dan
(2.) Sumber Eksternal Perusahaan.
>>>> Sumber Internal Perusahaan
Sumber pendanaan yang berasal dari internal perusahaan. Contohnya: retained earning . Biasanya sobat itu didapet dari besarnya laba perusahaan dalam periode tertentu. Lalu, laba perusahaan, itu tuh, dibagi lagi menjadi 2 (dua): 
(1.) laba ditahan dan 
(2.) dividen.
Besar-kecilnya laba, ditentukan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) sobat.
>>>> Sumber Eksternal Perusahaan
Merupakan sumber pendanaan yang berasal dari para kreditur dan pemilik perusahaan. Jadi, sumber pendanaan-nya itu gak berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, gaes. Malah dari pihak luar.
Pendanaan seperti itu, biasanya disebut sebagai: debt financing.
Ada dua pihak yang disinyalir menjadi sumber dana eksternal. Antara lain:
● Supplier

Umumnya beri pinjaman gak dalam bentuk tunai. Tapi malah dalam bentuk pembelian kredit dalam transaksi pembelian barang untuk keperluan perusahaan.
● Bank

Digunain untuk nyari sumber dana bagi perusahaan. Baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
● Pasar Modal

Perusahaan bisa mencari sumber dana dengan cara terbitin obligasi ataupun saham baru Jadi, dua cara itu bisa dilaku-in oleh manajer perusahaan dalam rangka untuk dapatin dana perusahaan.
Dengan dapatin dana yang dibutuhin, yang sudah dianggarin, yang telah direncanain oleh manajemen keuangan perusahaan. Perusahaan bakal bisa punya gerak ruang yang cukup besar untuk bisa beroperasi dengan maksimaya sobat.

Kemudian saya akan ajarin teman teman untuk bisa memahamin Penggunaan Dana.
Apa sih arti dari Penggunaan Dana itu?
Penggunaan Dana adalah seberapa sih, kadar dana yang digunain oleh sebuah perusahaan, untuk memenuhin perusahaannya itu.
Penggunaan Dana, sebenernya, terbagi menjadi dua rupa alokasi:
(1.) Penggunaan Dana untuk Aktiva Tetap dan
(2.) Penggunaan Dana untuk Modal Kerja.
>>>> Penggunaan Dana untuk Aktiva Tetap
Adalah penggunaan dana yang ditujukkan untuk pembelian/pembiayaan aktiva tetap dalam suatu perusahaan. Bisa berwujud dan jua bisa tidak berwujud, teman teman! Itu semua dipake untuk beli peralatan perusahaan, gedung, mesin, dan lain lain.
>>>> Penggunaan Dana untuk Modal Kerja
Adalah penggunaan dana yang dipunya oleh perusahaan untuk biaya kegiatan operasional sehari hari. Modal Kerja sangat dibutuhin oleh perusahaan, sebab kalo gak ada gituan, perusahaan gak bakalan bisa biayain semua pekerja dan bisa membuat perusahaan jadi bangkrut teman teman.

Terakhir nih dari aku bakal ajarin teman teman semua untuk bisa memahamin masalah Aliran Dana.
Teman teman ada yang tau, Apa itu Aliran Dana?
Pasti teman teman ada yan belum tau kan, aku bakal ajarin teman teman sekalian  untuk memahamiin:
apa itu Aliran Dana.
Aliran Dana merupakan aliran kas masuk dan aliran kas keluar, yang bisa langsung pengaruhin besar kas yang diasalkan dari laba-rugi dan neraca.
Teman teman ada ragam unsur yang ketahuan dapat memperbesar kas perusahaan, Antara lain:
>>>> Berkurangnya unsur aktiva selain kas
Aktiva lancar meliputi apa saja sih? kas, efek, piutang, dan persediaan. Apabila unsur aktiva tersebut berkurang, maka akan menjumlah kas.
>>>> Berkurangnya aktiva tetap
Berkurangnya aktiva tetap disebabin oleh adanya penjualan aktiva tetap atau berkurang disebabkan lantaran adanya penyusutan. Sebenernya, depresiasi itu merupakan biaya yang akan mengurangin laba perusahaan.  Namun lantaran depresiasi gituan bukanlah penarikan kas tunai, sebenernya perusahaan tuh gak mau keluarin kas secara tunai. 
>>>> Bertambahnya keuntungan
Keuntungan yang diperoleh dari kegiatan usaha, bisa diklaim sebagai sumber dana yang akan tambah-in kas perusahaan. Oleh sebabnya, bila ada kenaikan laba ditahan maka kemungkinan besar terdapat tambahan kas
Teman teman selain itu, ada juga ragam unsur yang ketahuan dapat memperkecil kas perusahaan loh teman teman !!! Antara lain:
>>>> Bertambahnya unsur aktiva lancar selain kas
Bertambahnya aktiva lancar seperti: piutang, efek, dan persediaan akan memperkecil kas. Apabila ragam unsur aktiva lancar tersebut bertambah, maka akan kurang jumlah kas teman teman.
Sebagai contoh, nih:
Persediaan mula-mula pada PT. chingluh tahun 2011 adalah 800.000 Rupiah Indonesia, dan tahun 2012 menjadi 900.000 Rupiah Indonesia . Itu berarti ada pembelian sebesar 100.000 Rupiah Indonesia. Pembelian itu tuh dapat bukti-in kalo pembelian persediaan sebesar 100.000 Rupiah Indonesia itu tadi butuh-in kas atau kurang-in kas. Dari transaksi itu, dapat dikatakan bahwa ada pengurangan kas sebesar 100.000 Rupiah Indonesia.
>>>> Berkurangnya utang lancar
Berkurangnya unsur utang lancar, kayak, utang dagang dan utang wesel merupakan penggunaan dana perusahaan teman teman.
Sebagai contoh, nih:
Pada tahun 2011, PT. chingluh utang dagang-nya sekitar 880.000 Rupiah Indonesia. Pada tahun 2012, utang dagang-nya PT. “R” berubah jadi 20.000 Rupiah Indonesia. Berarti utang dagang-nya cuman 860.000 Rupiah Indonesia. Berkurangnya utang sebesar 20.000 Rupiah Indonesia itu tuh, akan kurang-in aktiva lancar. Oleh sebabnya, utang lancar merupakan penggunaan dana dalam pengertian kas.
>>>> Berkurangnya modal sendiri
Bilamana nih, perusahaan beli kembali saham preferen, maka diperlu-in sejumlah kas, Oleh sebabnya, saham yang berkurang, artinya modal sendiri perusahaan itu berkurang. Berkurangnya itu tuh,sebenernya, perlu-in kas yang ternyata-oh-ternyata merupakan penggunaan dana.
Lalu, gaes. Ada jua langkah analisis laporan kas, yang akan oguttulis:
>>>> Banding-in pos yang ada pada 2 (dua) titik kondisi neraca untuknyusun perubahan yang bakalan terjadi
>>>> Klasifikasi-in unsur dari laporan neraca yang mbesar-in kas
>>>> Klasifikasi-in unsur dari laporan neraca yang ngecil-in kas
>>>> Klasifikasi-in unsur dari laporan laba-rugi yang nyebab-in kenaikan atau penurunan kas
>>>> Gabung-in semua rupa informasi yang mbesar-in dan yang ngecil-in kas tersebut di atas ke dalam laporan sumber dan penggunaan kas
>>>> Buat analisis kas mengenai sumber dan jua penggunaan kas, dengan teliti Jadi, intinya, tiap aliran dana itu kebanyakan dipengaruhi oleh aktiva, utang, keuntungan, dan jua modal.
Nahhhhhhhh
Ternyata ada tambahan yang perlu teman teman tau dan perlu teman teman pahami dengan baik.

Ada 7 (tujuh) cara untuk bisa mengelola keuangan perusahaan dengan baik, loh! Antara lain:
>>>> Pisah-in rekening pribadi, keluarga, dan usaha
Hal tersebut perlu dilaku-in agar bisa ngukur pertumbuhan bisnis dengan gampang  
>>>> Alokasi-in pengeluaran bulanan
Hal tersebut perlu dilaku-in agar gak terjadi chaos dalam pemenuhan kebutuhan perusahaan
>>>> Buat catatan proyeksi arus kas
>>>> Buat laporan keuangan. Minimal arus kas
>>>> Pisah-in akunting dengan kasir
>>>> Hindar-in uang nginep di pegawai
Hal tersebut perlu dilaku-in agar uang-nya gak kebawa ampe rumah. Kuatir disalahguna-in sama pegawai-nya.
>>>> Laku-in cek stok secara berkala
Itu semua merupakan artikel tutorial pada kali ini ya teman teman .

Terima kasih telah meluangkan waktu teman teman untuk membaca artikel tutorial tentang definisi manajemen keuangan dan penggunaan dana yang saya bagikan dengan teman-teman semua, Semoga tutorial artikel ini bermanfaat bagi teman teman semua yang membaca dan menambah wawasan kepada teman teman semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bussines Model Canvas

My Business